Minggu, 29 Maret 2009

Jangan Silau Dunia

Dulu Ayah pernah merasa minder jika ketemu dengan orang kaya, orang yang rumahnya besar, yang mobilnya banyak, jabatannya tinggi dan hidupnya serba mewah. Setiap kali bertemu dengannya kita merasa rendah, merasa bukan apa-apannya dia. Tetapi setelah tahu ilmunya ternyata sekarang Insya Alloh, Ayah tidak akan minder lagi. Apa sih ilmunya supaya tidak minder ?
Ini ada beberapa tips agar kita tidak minder :
  1. Yakinkan dulu bahwa kita adalah makhluk yang diciptakan oleh Zat yang Maha Pencipta. Ya, kita diciptakan oleh Alloh, dengan cara dititipkan diperut si Ibu. Yakinkan pula dalam hati kita bahwa semua yang ada di muka bumi ini diciptakan oleh Alloh, seluruh isi duniapun diciptakan oleh Alloh, jadi Alloh itu ada dan telah menciptakan kita semua. Berarti hebat sekali Alloh ini.
  2. Setelah yakin adanya Alloh, Alloh itu Maha Penyayang, Alloh itu menghendaki kita selamat di dunia dan akhirat, untuk itu Alloh memberikan aturan, agar kita selamat di dunia dan di akhirat. Aturan itu ada di Al-Quran dan Hadits.
  3. Kita harus yakin bahwa Al-Quran dan Haditslah yang membebaskan kita dari kebinasaan, di dalamnya terdapat petunjuk-petunjuk yang kalau kita ikuti maka hidup kita akan tentram, nyaman tidak ada rasa takut dan cemas (rasa takut dan cemas adalah rasa yang diberikan Alloh kepada kita), apalagi sekedar minder.
  4. Kata Alloh, orang yang paling mulia di sisi Alloh adalah orang yang paling bertaqwa, bukan yang paling kaya, bukan yang paling hidup mewah, bukan yang tampan, bukan yang tinggi, bukan yang rendah, bukan yang jelek, tapi yang paling BERTAQWA. Nah, jadi kenapa kita harus minder kalau ketemu dengan orang kaya.
  5. Tapi alangkah baiknya, kalau orang tersebut sudah kaya juga bertaqwa, ini yang paling bagus.
Mulai sekarang tidak usah melihat orang dari fisik, harta dan sifat-sifat dunia lainnya, kita harus cemburu jika ada orang yang rajin sholat, rajin shaum, rajin ke masjid dan rajin melakukan ibadah yang telah diperintahkan Alloh.

Anakku, ingatlah kita akan selalu di uji oleh Alloh, sebagai tanda sayang Alloh kepada kita, bersabarlah, ikhlas dan berikhitarlah, jangan pernah mengeluh, ucapkanlah Alhamdulillah, karena sebenarnya Alloh sayang kita. Biasanya orang tidak kuat jika diberi ujian serba kekurangan dan diberi penyakit berat, mintalah agar Alloh memberikan kekuatan di dalam menerima setiap ujian.

Tidak ada komentar:

Partisipan